IM.com – Program pendampingan bagi petani terus dikembangkan oleh Koramil 0815/04 Puri sebagai bentuk partisipasi aktif bidang pertanian dalam rangka mendukung cita-cita pemerintah mencapai swasembada pangan.

Untuk itu Koramil Puri menugaskan Serma Muhammad Basori Babinsa Desa Sumolawang ditugaskan untuk mendampingi kelompok tani Sri Rejeki II Dusun Padangan Desa Sumolawang Kecamatan Puri Kabupaten Mojokerto yang sedang melakukan penanaman padi pada area seluas 1,5 hektar, Senin (29/01/2018).

Pada hari yang sama di tempat berbeda, Babinsa Desa Brayung Peltu Mustofa juga melaksanakan tugasnya mendampingi Poktan Sari Mulyo II Dusun Ngrayung Desa Brayung yang sedang ‘mendaut’, yakni mencabut bibit padi untuk ditanam pada area seluas 2 hektar.

Program pendampingan tersebut merupakan kerjasama Koramil Puri dengan Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto mapun Badan Penyuluh Pertanian Kecamatan Puri.


Menggunakan uniform ketentaraan, Peltu Mustofa dan Serma Basori terjun mengolah sawah dan berbaur dengan para petani mendaut kemudian memindahkan menggunakan pola tanam jarwo.

Menurut Danramil 0815/04 Puri Kapten Inf MR Harjono, melalui pendampingan seperti itu diharapkan petani lebih bersemangat bercocok tanam agar bisa menghasilkan produksi padi yang jauh lebih banyak dari sebelumnya. Jika kondisi ini semakin banyak dan merata di setiap wilayah maka harapan untuk bisa swasembada akan bisa tercapai.(dim/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here