Mesin Pertanian
petani memanen padi di Desa Ngabar dan Desa Sawo, Jetis, Kabupaten Mojokerto dengan menggunakan traktor panen

IM.com – Koramil 0815/07 Jetis menugaskan Bintara Pembina Desa untuk mendampingi dua petani memanen padi di Desa Ngabar dan Desa Sawo, Jetis, Kabupaten Mojokerto dengan menggunakan traktor panen, Minggu (25/03/2018).

Koptu Muhadi Babinsa Ngabar melibatkan diri di lahan seluas satu hektar milik Sugiantoro dari Poktan Podo Rukun, Dusun Ngabar yang menanam padi varietas Ciherang. Untuk mempercepat proses, sebuah unit traktor panen (combine harvester) sebagai memisahkan gabah dari tangkainya. Yang lebih efektif dan efisien dibanding cara manual digebyok. Dari sawah tersebut diperoleh gabah sebanyak 6,2 ton.

Dengan hasil tersebut Sugiantoro mengaku senang walau belum sesuai harapan. “Saya cukup puas dengan hasil panen ini dan saya mengucapkan terima kasih atas pendampingan petugas penyuluh lapangan serta Babinsa yang membantu sejak mulai tanam hingga panen,” tutur petani tersebut.

Di area berbeda, Serda Edi Purnomo Babinsa Sawo bertugas mendampingi Slamet, anggota Kelompok Tani Perdamaian si Dusun Bulu Desa Sawo yang tengah memanen 2 hektar sawahnya menggunakan jenis padi ciherang. Hasil yang dipetik sebanyak 12,5 ton gabah.


Sebagai pendamping sejak proses awal hingga masa panen, Serda Edi Purnomo menuturkan, hasil panen di areal sawah Pak Slamet kiranya cukup optimal. Keberhasilan ini dikarenanya proses pengolahan lahan, pola tanam dan cara perawatannya menuruti petunjuk petugas penyuluh lapangan.

Tentang penugasan Babinsa menampingi petani, Danramil 0815/07 Jetis Kapten Inf Hari Subiyanto mengatkaan, pihaknya akan terus mendukung dan mengawal langkah penguatan pangan agar bisa merealisasi program besar swasembada pangan yang dicanangkan pemerintah.(dim/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here