Mulai bulan depan, Jembatan Suramadu sepanjang 5.438 meter yang menghubungkan Surabaya dan Pulau Madura akan digratiskan bagi semua jenis kendaraan.

IM.com – Masyarakat Jawa Timur (Jatim), khususnya Madura tak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk melintasi jembatan Surabaya-Madura (Suramadu). Paling lambat mulai bulan depan, akses jembatan Suramadu akan digratiskan bagi semua jenis kendaraan.

Pembebasan tarif ini akan diresmikan Presiden Joko Widodo yang diagendakan meninjau jembatan terpanjang se-Indonesia tersebut pada akhir bulan ini.

“Kemarin saya bertemu pak Menteri Perhubungan Budi Karya membahas hal ini. Saya mengucapkan terima kasih. Rencananya Pak Presiden akan membebaskan tarif jembatan Tol Suramadu,” kata Gubernur Jatim Soekarwo.

“Apakah beliau langsung memutuskan, nunggu dicek dulu. Tapi ini berita baik. Ongkos dari Surabaya ke Madura dan sebaliknya lewat jembatan tidak mahal lagi,” imbuhnya Pakde Karwo, sapaan karib Gubernur Jatim.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) tinggal menunggu keputusan presiden dikeluarkan. Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR, Endra Atmawidjaja, mengatakan, Presiden RI Joko Widodo sudah setuju dengan usulan pembebasan tarif Tol Suramadu dari pemerintah daerah di Madura. Menurut dia, empat kabupaten di Pulau Garam tersebut meminta agar biaya tol digratiskan.

“Pak Presiden ( Jokowi) sudah setuju, tinggal keputusan presiden-nya (kepres) nanti akan dikeluarkan keppres baru,” ucap Endra.

Sekadar informasi, pembebasan tarif Tol Jembatan Suramadu saat ini masih khusus diberlakukan untuk kendaraan bermotor roda dua. Sementara kendaraan bermotor untuk roda empat (mobil pribadi) atau lebih (bus, truk dan angkutan barang lainnya) masih dikenakan tarif.

Jembatan Suramadu merupakan akses jembatan nasional yang melintasi Selat Madura, menghubungkan Pulau Jawa (di Surabaya) dan Pulau Madura (di Bangkalan, tepatnya timur Kamal), Indonesia. Panjangnya mencapai 5.438 meter dengan lebar sekitar 30 meter.

Jembatan ini menyediakan empat lajur dua arah selebar 3,5 meter dengan dua lajur darurat selebar 2,75 meter. Jembatan juga menyediakan lajur khusus bagi pengendara sepeda motor di bagian sisi luar jembatan. (ine/im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here