Kepadatan kendaraan pada arus mudik di ruas Tol Surabaya-Mojokerto.

IM.com – Volume kendaraan yang melintas di Jalan Tol Surabaya-Mojokerto pada H-6 Lebaran 2019 atau Kamis (30/5/2019), sebanyak tercatat sebesar 40.500 unit. Jumlah itu meningkat 48 persen dari Lalu lintas Harian Rata-Rata (LHR) sebesar 27.600 kendaraan per hari.

Angka tersebut diprediksi terus meningkat pada H-5 dan H-4 Lebaran yang diperkirakan menjadi puncak arus mudik. Karena itu, para pengendara dihimbau selalu ekstra hati-hati dan mengantisipasi kepadatan di beberapa rest area.

“Meskipun tidak menimbulkan simpul kemacetan, tetapi terjadi kepadatan kendaraan di beberapa titik, terutama di rest area. Paling ada sedikit kepadatan di rest area-rest area,” ucap Direktur PT Marga Harjaya Infrastruktur (MHI) Harsono Yohanes, Jumat (31/5/2019).

Jalan Tol Surabaya-Mojokerto dibangun sepanjang 36,27 km terbagi menjadi beberapa seksi. Yakni seksi IA Waru-Sepanjang dengan panjang 2,3 kilometer dan seksi IB Sepanjang-Western Ring Road sepanjang 4,3 kilometer.


Lalu Seksi II WRR-Driyorejo sepanjang 5,1 kilometer, seksi III Driyo-Krian sepanjang 6,1 kilometer. Serta seksi IV yang terpanjang adalah Krian-Mojokerto Kota 18,47 kilometer.

Ada dua rest area di ruas Tol Sumo. Yakni di kilometer 725 A arah Surabaya yang bisa menampung 120 kendaraan, baik kecil maupun besar. Serta di kilometer 725 B arah Mojokerto.

Kedua rest area itu dilengkapifasilitas tempat ibadah, Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum (SPBU), retail area, toilet dan area parkir. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here