Para lulusan Pendidikan Kesetaraan Kejar Paket B dan C menerima ijazah di Aula Gedung SKB Kecamatan Gedeg, Selasa (22/9/2020).

IM.com – Bupati Mojokerto Pungkasiadi menyerahkan langsung 150 Ijazah Pendidikan Kesetaraan Kejar Paket B dan C di Aula Gedung SKB Kecamatan Gedeg, Selasa (22/9/2020). Rinciannya, 12 peserta Kejar Paket B dan 138 warga yang menempuh Kejar Paket C.

Meskipun tidak ada Ujian Nasional karena Covid-19, mereka tetap mengikuti ujian sekolah sebagai syarat lulus. Mereke mengikuti ujian pendidikan kesetaraan, diselenggarakan secara tertulis oleh UPT SPNF SKB Mojokerto. Para peserta Kejar Paket ini  telah dinyatakan lulus sejak tanggal 2 Mei 2020 lalu.

Terdapat 24 rombongan belajar yang tersebar di 10 kecamatan se-Kabupaten Mojokerto. Mayoritas mereka berusia 21 tahun ke atas.

Bupati Pungkasiadi melihat antusiasme masyarakat untuk melanjutkan kejar Paket B dan C masih cukup tinggi. Namun jika mengacu pada ketentuan dalam APBN, program kesetaraan pendidikan yang dikeluarkan pusat hanya diperuntukkan bagi yang berusia di bawah 21 tahun.


Batasan usia itu menyebabkan banyak dari masyarakat yang kemudian mengurungkan niatnya untuk melanjutkan pendidikan. Karena itu, Pungkasiadi akan mengoptimalkan APBD pada tahun berikutnya untuk masyarakat yang tidak bisa mengikuti pendidikan kesetaraan karena faktor usia.

“Pelayanan masyarakat terkait pendidikan dan kesehatan itu prioritas dasar. Apabila tidak ada dari pusat, kita akan adakan APBD untuk SKB,” kata Pungkasiadi.

Pungkasiadi juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang berperan dalam upaya memajukan kualitas masyarakat Kabupaten Mojokerto, utamanya dalam hal ini terkait pendidikan. Selain itu beliau juga berpesan kepada para lulusan untuk senantiasa terus berupaya melanjutkan pendidikannya. Beliau meyakini bahwa menuntut ilmu harus dilakukan sepanjang hayat.

Pada kesempatan tersebut, Kepala UPT SKB SPNF Mojokerto juga menyebutkan sejumlah program yang dimiliki. Diantaranya yaitu program pendidikan, kursus keahlian, Kelompok Usaha Bersama (KUBE), dan program Industri Kecil Menengah.

Pada program pendidikan terdapat lembaga PAUD, KB, TK dan Kejar Paket B dan C. Selanjutnya pada program kursus, beragam keahlian yang ditawarkan antara lain menjahit, tata boga, tata rias, merajut, mengemudi, hantaran, komputer. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here