Salah satu insiden keelakaan fatal di jalur Cangar, Pacet.

IM.com – Sebanyak 25 peristiwa kecelakaan di jalur Cangar-Pacet Kabupaten Mojokerto terjadi sepanjang September 2021. Insiden terjadi kebanyakan disebabkan rem blong dengan tingkat fatalitas beragam.

Data Welirang Community Rescue menunjukkan, angka kecelakaan di bulan September meningkat drastis dibanding bulan sebelumnya yang hanya terjadi 10 kecelakaan. Dari 25 insiden laka dalam kurun belum genap sebulan mengakibatkan satu orang meninggal dunia dan 14 lainnya mengalami cedera fatal.

“Ada yang patah tulang dan terluka parah. Sedangkan 13 orang mengalami luka ringan seperti lecet-lecet,” kata anggota Welirang Community Rercue, Made Zakaria, Senin (27/9/2021).

Menurut Made, angka kecelakaan tinggi saat libur akhir pekan karena jumlah orang yang menikmati liburan berkendara melintasi jalur Cangar meningkat dibanding hari biasa. Rata-rata kecelakaan terjadi akibat kegagalan sistem pengereman alias rem blong.


”Hari Minggu kemarin ada lima kecelakaan. Kebanyakan karena rem blong,” ujar Made. (Baca: Sehari 6 Kecelakaan di Jalur Cangar, Didominasi Motor Matic).

Made menjelaskan, ada tiga titik  rawan kecelakaan di sepanjang jalur Cangar, yakni tikungan Obech kawasan Kali Kromong, turunan Gotekan dan AMD. Menurutnya, medan jalan di tiga titik rawan itu curam.

“Sehingga kendaraan sering mengalami rem blong dan hilang kendali,” terangnya. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here