Kondisi bagian depan dump truk yang ringsek parah usai ditabrak kereta api di perlintasan KA tanpa palang pintu di Dusun Damarsih, Desa Kepuhanyar, Kecamatan Mojoanyar, Mojokerto, Rabu (22/11/2023).

IM.com – Perlintasan KA tanpa palang pintu di Dusun Damarsih, Desa Kepuhanyar, Kecamatan Mojoanyar, Mojokerto, Rabu (22/11/2023). Sebuah dump truk tersambar KA Wijaya Kusuma jurusan Banyuwangi – Cilacap.

Kecelakaan yang terjadi sekira pukul 18.00 WIB berawal ketika dump truk N 9533 UV melaju dari arah utara ke selatan. Saat melewati perlintasan KA tanpa palang pintu, kendaraan tanpa muatan itu tiba – tiba mogok.

“Sebelumnya juga truk sempat ditarik truk molen menggunakan tali tambang namun putus,” ucap Ridwan, salah satu saksi di lokasi.

Pada saat bersamaan, KA Wijaya Kusuma meluncur dari arah timur. Kereta api sempat melakukan pengereman, tetapi masih melaju kencang hingga menyambar truk yang mogok di tengah pelintasan.

“Suara berteriak agar sopir turun, kemudian kereta menghantam bagian depan truk. Beruntung sopir dan kernet truk terlebih dahulu telah menyelamatkan diri,” ujarnya.

Beruntung sopir dan kernet masih sempat menyelamatkan diri dan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Hanya truk bagian depan mengalami kerusakan parah.

Kanit Gakkum Satlantas Polres Mojokerto, Iptu J Wihandoko mengatakan bahwa truk tersebut dari arah utara (Surabaya) hendak ke arah selatan (Mojosari). Dari penyelidikan sementara terungkap bahwa fungsi pengereman KA tidak optimal.

“Sehingga KA Wijaya Kusuma menabrak bagian depan truk. Saat ini sopir kami mintai keterangan di Polres Mojokerto,” katanya. (im)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini