Kodim 0815 Pos Mojoanyar mengikuti pelatihan Alsintan mesin panen sebagai upaya turut memaksimalkan program ketahanan pangan

IM.com – Danpos Mojoanyar Peltu Dandi Widagdo dan Babinsa Pos Mojoanyar mengikuti pelatihan Alsintan Mesin Panen Combine Harvester Mini yang diselenggarakan Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto.

Kegiatan yang diselenggarakan di area persawahan Desa Gebang Malang Kecamatan Mojoanyar Selasa (13/9-2016) pagi kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto, Ir Suliestyowati MM bertujuan para Pok Tan mampu mengoperasikan Combine Harvester Mini (Mesin Pemanen Kombinasi).

Untuk diketahui bahwa mesin pemanen kombinasi produksi PT. Futata dan PT. Maxi dapat digunakan untuk menuai, merontokkan dan menampi dalam satu kali operasi, dan dalam pelatihan kali ini kita juga menghadirkan perwakilan dari kedua perusahaan tersebut untuk memberikan asistensi,” terangnya.

Dengan kemampuan mengoperasionalkan Alsintan maka bisa memaksimalkan program ketahanan pangan di wilayah Kabupaten Mojokerto. “ Alsintan dari Kementerian Pertanian RI seperti Combine Harvester, diharapkan pendapatan petani lebih meningkat, biaya produksi lebih ditekan karena tenaga kerja dapat dikurangi dan masa panen lebih singkat,” ujarnya.


Pelatihan Alsintan yang dimulai pukul 09.00 dan berakhir 11.25 WIB itu dihadiri sekitar 50 orang, antara lain para Kabid dan Kasi Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto, Kapolsek Mojoanyar AKP Sumargo, Koordinator PPL Kecamatan Mojoanyar Sriatin beserta anggota. Juga Perwakilan PT. Futata Sony, Perwakilan PT. Maxi Leli, serta para Babinsa Pos Mojoanyar selaku Pendamping Pok Tan dan Para Poktan penerima Alsintan. (ama/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here