IM.com – Relawan Semar (Semangat Masyarakat Relawan) yang bergerak di bidang kemanusiaan terutama dalam penanggulangan bencana menggelar Diklat, diikuti oleh 60 personil dari perwakilan Sidoarjo, Gresik, Mojokerto, Jombang dan Pasuruan. Program pendidikan dan pelatihan berlangsung di aula Diknas Cabang Jatirejo, Kabupaten Mojokerto, Sabtu (27/01/2018) sore.

Wakil Ketua Umum Relawan Semar Zainul Arifin menyatakan, penyelenggaran diklat yang diikuti oleh 53 relawan pria dan 7 wanita, ini merupakan salah satu program lembaga dalam meningkatkan kapasitas pimpinan cabang tahun 2018. “Kegiatan relawan Semar lebih bersifat kemanusiaan dan membantu aparat terkait TNI/Polri dan BPBD dalam penanggulangan bencana. Melalui diklat ini diharapkan relawan Semar ke depan lebih professional,” tutur Zainul.

Dalam sambutannya, Sekretaris Kecamatan Jatirejo, Aminsun mengatakan, para relawan Semar selama ini sudah cukup membantu dalam kegiatan kemanusiaan terutama saat penanggulangan bencana di Kecamatan Jatirejo. Ke depan, semoga kemampuan relawan Semar lebih matang.

Menimpali pendapat tersebut Danramil 0815/15 Jatirejo Kapten Inf Supriyono mengajak para peserta Diklat Kepemimpinan Relawan Semar untuk berpijak pada semboyan yang dicanangkan Ki Hajar Dewantoro. Yakni Ing ngarso sung tulodho, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani.


Artinya, di depan memberi tauladan, di tengah membangun prakarsa, dan di belakang memberi dukungan. Semboyan ini harus dipahami secara utuh dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari terlebih dalam organisasi sehingga akan terbangun harmonisasi antara pimpinan dan yang dipimpin. (dim/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here