Kaur Binmas Polres Mojokerto saat memberikan penyuluhan Anti Narkoba di Desa Kesiman

IM.com – Kepala Urusan Pembinaan Masyarakat (Kaur Binmas) Polres Mojokerto, Ipda Wintarno, S.Pd., melakukan penyuluhan Anti Narkoba di Desa Kesiman Kecamatan Trawas.

“Tingginya jumlah tahanan narkoba di Polres Mojokerto, banyak yang berasal dari kawasan Trawas. Itulah yang menjadi dasar kenapa di wilayah Trawas kita intensif melakukan penyuluhan,” ujar Wintarno saat di dampingi Aiptu Suhartono (Kanit Binmas Polsek Trawas) dan dua anggotanya, Pak Heri dan Pak Fajar (Babin Kantibmas Desa Kesiman).

Selain itu, kata Wintarno, keberadaan Trawas yang berada di daerah perbatasan, sangat rawan sebagai daerah transit peredaran narkoba. Oleh karenanya, menjadi kewajiban kepolisian untuk memberikan informasi dan pengetahuan kepada seluruh unsur masyarakat.

Bertempat di balai Desa Kesiman, acara penyuluhan narkoba itu diikuti sedikitnya 80 orang. Mereka berasal dari unsur perangkat desa, karang taruna, remaja masjid, dan para tokoh masyarakat. Acara yang berlangsung sekitar dua jam itu, digelar usai sholat Tarawih.


“Mengingat sekarang bulan Ramadhan, pelaksanaan penyuluhan kita lakukan malam hari. Dukungan masyarakat Kesiman terutama pak kepala desa sangat kami apresiasi. Banyaknya peserta yang ikut penyuluhan akan menambah kecepatan penyebaran informasi tetang bahaya narkoba itu sendiri. Apalagi para pemudanya antusias untuk bertanya seputar masalah narkoba,” ucap Aiptu Suhartono menegaskan.

Sementara itu, Kepala Desa Kesiman, H. Yakhmad, merasa bersyukur bila desanya mendapat penyuluhan seputar narkoba. Pentingnya informasi seputar narkoba yang didapatkan warganya, akan bisa mencegah dan meminimalisir masyarakat yang terjerumus narkoba.

“Penyuluhan anti narkoba ini sangat penting artinya bagi Desa Kesiman. Saya sangat berharap usai mendapat penyuluhan ini, warga saya mampu menjadi anggota masyarakat yang giat melawan peredaran narkoba. Apalagi para pemuda yang sejatinya adalah asset desa ini dan tentunya asset bangsa dan negara. Mereka harus tahu dan wajib menjauhi narkoba,” ujar Kepala Desa yang juga mantan tenaga pendidik itu.

Di akhir acara, pihak Binmas Polres Mojokerto maupun Binmas Polsek Trawas menyerahkan bantuan kepada unsur generasi muda dan masyarakat Desa Kesiman. Bantuan berupa beberapa alat olahraga itu diserahkan langsung oleh Kaur Binmas Polres Mojokerto pada perwakilan Karang Taruna. Sedangkan Binmas Polsek Trawas menyerahkan bantuan yang diterima oleh perwakilan remaja masjid.(use/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here