Aiptu Tutuk Kurniasih menyerahkan bantuan berupa sarana/alat pendukung Siskamling kepada Kepala Dusun Kesiman disaksikan Kepala Desa Kesiman, Babinkantibmas Desa Kesiman dan Kaur Binmas Polres Mojokerto.

IM.com – Selama bulan Ramadhan dan berdasar kondisi akhir-akhir ini, Polres Mojokerto lakukan sosialisasi seputar Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling). Giat sosialisasi Siskamling ini dilakukan secara intensif di seluruh wilayah Polres Mojokerto.

Pada Selasa (22/05-2018) giliran Desa Kesiman, Kecamatan Trawas mendapatkan sosialisasi dan bantuan peralatan Siskamling. Adalah Aiptu Tutuk Kurniasih, Kanit Pembinaan Keamanan Swakarsa (Kamsa) Polres Mojokerto yang melakukan giat binkamsa, didampingi sejumlah personil Polsek Trawas.

“Ikon yang kita ciptakan adalah Krupuk Rambak yang berarti (Cangkruk Mlumpuk Rame-rame Bahas Kamtibmas). Kita punya kewajiban bersama-sama masyarakat untuk menjaga kondisi agar tetap tertib dan aman. Apalagi selama bulan Ramadhan ini. Masyarakat kita ajak untuk lebih aktif bersiskamling untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” ujar Aiptu Tutuk, saat dikonfirmasi di lokasi kegiatan.

Masih menurut Aiptu Tutuk, giat siskamling sangat positif bagi lingkungan masyarakat yang melaksanakannya. Deteksi dini terhadap hal-hal yang dapat mengganggu kedamaian dan ketenangan masyarakat, tentunya dapat dilakukan lebih intensif. Sehingga masyarakat harus berperan aktif dalam pelaksanaan siskamling.


“Masyarakat sudah punya potensi. Kita sebagai aparat tinggal memotivasi, memberikan tambahan pengetahuan dan skill seputar pengamanan lingkungan. Karena itu kewajiban kami sebagai pelindung, pelayan, dan pengayom masyarakat,” ucap perempuan berkacamata itu menegaskan.

Kepala Desa Kesiman, H. Yakhmad menyambut gembira atas sosialisasi yang dilakukan pihak Polres Mojokerto. Meskipun sebelumnya juga sudah acapkali mendapat pembinaan dari pihak Polsek Trawas. Apalagi kali ini, pihan Binkamsa Polres Mojokerto juga memberikan bantuan sarana untuk pelaksanaan Siskamling.

“Atasnama masyarakat Desa Kesiman saya hanya bisa mengucapkan terima kasih. Segenap kepedulian Polres Mojokerto dan Polsek Trawas selama ini, teramat bermanfaat bagi desa saya. Semoga segala sesuatu yang sudah diberikan kepada desa saya dapat dimanfaatkan untuk menjaga ketertiban dan keamanan lingkungan masyarakat,” kata Abah Yakhmad, sapaan karib Kades Kesiman.

Menurut Abah Yakhmad, pelaksanaan siskamling di desanya sudah berjalan sejak awal puasa Ramadhan. Meskipun menurutnya, giat siskamling sudah dilakukan setiap hari dan tak hanya di bulan Ramadhan saja.

“Dukungan segenap institusi kepolisian sangat berarti bagi penciptaan kondisi ketertiban dan keamanan dilingkungan masyarakat. Oleh karenanya, kita hanya bisa mendukung dengan berpartisipasi aktif untuk melaksanakan siskamling,” ucap Kades Kesiman yang pernah jadi Guru SD itu didampingi Kepala Dusun Kesiman dan Babinkantibmas Desa Kesiman, Pak Fajar.(use/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here