Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo bersama Deputi Pelayanan Publik MenPAN RB Diah Natalisa dan Walikota Ika Pupitasari memotong pita sebagai simbol peresmian Gedung Mal Pelayanan Publik (MPP) Gajah Mada, Selasa (22/3/2022).

IM.com – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo memuji melalui Mal Pelayanan Publik (MPP) Gajah Mada milik Pemerintah Kota Mojokerto. Pasalnya, fasilitas tersebut memudahkan masyarakat mengakses 165 jenis layanan yang cepat dan efisien di satu tempat.

Menpan RB Tjahjo Kumolo menyampaikan apresiasinya saat meresmikan MPP Gajah Mada, Kota Mojokerto, Selasa (22/03/2022). Mal tersebut merupakan bagian dari upaya Pemkot dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

“Ini salah satu bentuk reformasi birokarsi, dengan meningkatan kualitas layanan dan mengintegrasikan layanan dalam satu atap,” ujar Menteri Tjahjo Kumolo didampingi Deputi Pelayanan Publik MenPAN RB Diah Natalisa.

Sejumlah layanan juga tidak luput dari digitalisasi. Proses administrasi yang sebelumnya dilakukan secara manual, kini menjadi lebih modern. Berbagai inovasi aplikasi mobile menjadikan pelayanan lebih cepat, mudah, dan (tanpa menggunakan kertas) paperless. (Baca: Dirjen Dukcapil Dukung Mall Pelayanan Publik Pemkot Mojokerto Jadi Percontohan).


Apresiasi juga disampaikan Kepala Biro Organisasi Ramliyanto Pemerintah provinsi Jawa Timur atas gerak cepat  Walikota Ika Puspitasari dalam mengupayakan peresmian MPP Gajah Mada. Sebab, agenda semula, mal tersebut akan diresmikan pada Juni 2020 mendatang.

“Namun di bawah pimpinan Bu Wali Kota, ini gercep (gerak cepat) sekali. Setelah mendapat evaluasi beberapa waktu lalu, langsung diperbaiki. Sehingga target peresmian semula Juni, saat ulang tahun Kota Mojokerto, bisa dimajukan hari ini,” ungkap Ramliyanto yang hadir mewakili Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Diketahui, Grand launching MPP Kota Mojokerto hari ini, menjadi MPP ke-11 yang diresmikan di wilayah Provinsi Jawa Timur serta ke-55 di Indonesia.
Sementara itu Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari menyebut bahwa kerja keras yang dilakukan pihaknya adalah bentuk keseriusan dalam menjalankan peran sebagai pelayan publik, khususnya bagi warga Kota Mojokerto.

“Ini bukti konkret dari komitmen kami dalam memenuhi tuntutan dari masyarakat yang senantiasa menginginkan pelayanan terbaik,” tutur Walikota Ika puspitasari.

Selain peresmian yang dilakukan secara simbolis berupa scan QR Code serta pemotongan untaian bunga melati oleh Menteri Tjahjo. Tidak sendiri, ia juga didampingi Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa.

Pada penghujung acara, Ning Ita juga menerima penghargaan atas komitmen dan kerja sama dalam mewujudkan mal pelayanan publik serta atas penyelenggaran pelayanan public kategori sangat baik tahun 2021 mewakili DPMPTSP-Naker dan Dispenduk Capil Kota Mojokerto. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here