Direktur Utama Perum Perumnas, Budi Saddewa Soediro memotong tumpeng perayaan HUT BUMN pengembang perumahan tersebut ke-49, Selasa (18/7/2023).

IM.com Perum Perumnas terus bertekad mengoptimalkan perannya mendukung pemerintah dalam berinovasi dan memberikan produk hunian terbaik bagi rakyat. Selama 49 tahun berdiri, pengembangan inovasi berkelanjutan terus digarap Perumnas guna menghadirkan hunian yang sesuai kebutuhan dan perkembangan jaman.

Tekad untuk menghadirkan hunian yang nyaman dan aman bagi masyarakat dirangkum dalam “Harmony in Finest Living” yang menjadi tema HUT Perum Perumnas tahun ini. Pada kesempatan perayaan HUT ini, Direktur Utama Perum Perumnas, Budi Saddewa Soediro  memaparkan rencana strategis Perumnas dalam merevitalisasi rumah susun Perumnas pada kawasan padat penduduk di kota-kota besar.

“Peremajaan kawasan padat penduduk dapat menjadi alternatif penyelesaian masalah perumahan di kota-kota besar. Pelaksanaan revitalisasi yang terfokus pada peningkatan fasilitas umum yang mudah diakses akan menciptakan interaksi sosial yang positif baik bagi penghuni maupun masyarakat di sekitarnya,” kata Budi.

Tekad dan keseriusan Perumnas dalam menyediakan hunian milenial yang homey, berkualitas di prime location turut ditunjukkan dengan prosesi akad kredit massal bersama lebih dari 100 konsumen di seluruh proyek Perumnas secara nasional. Selain itu, promo booking fee hunian sebesar Rp 490.000 juga dihadirkan melalui Festival Kreasi Hunian sebagai rangkaian acara puncak perayaan HUT Perumnas ke-49.

Budi menuturkan, Perumnas akan terus bergerak guna menghadirkan inovasi hunian terbaik yang tidak hanya menjadi sebuah tempat tinggal masyarakat. Lebih jauh juga menjadi area pembangunan permukiman yang tentunya memancing pertumbuhan dan perkembangan perekonomian baru di sekitarnya.

“Perumnas tidak akan lelah untuk terus menciptakan terobosan baru dalam inovasi hunian untuk memberikan manfaat yang maksimal serta mewujudkan finest living bagi masyarakat Indonesia,” papar Budi.

Di tahun ini, BUMN pengembang perumahan rakyat itu kian agresif dalam menyikapi kebutuhan masyarakat, khususnya milenial, yang terus berkembang dan spesifik akan hunian yang diinginkan. Konsep hunian dengan desain modern pun dihadirkan, penggabungan aspek estetika dan fungsional diterapkan dalam bentuk mezzanine dan taman indoor pada konsep hunian baru yang diaplikasikan di Cluster Blue Bell Samesta Parayasa dan Cluster Nirwana Samesta Citra Surodinawan Kota Mojokerto.

Selain konsep hunian baru, Perumnas pun gencar menggarap hunian berkonsep TOD (Transit-Oriented Development) yang dirancang dalam program Hunian Milenial untuk Indonesia dan telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo di Samesta Mahata Margonda Depok pada April 2023 lalu. Presiden mengapresiasi serta mendukung pembangunan TOD-TOD baru utamanya di kota besar untuk mengurangi kemacetan sekaligus memenuhi kebutuhan hunian masyarakat.

Perumnas yang merupakan pioner dalam revitalisasi rumah susun yang dilakukan di Sukaramai Medan pada tahun 1984, akan kembali melaksanakan revitalisasi kawasan hunian padat penduduk yang terencana akan dilakukan di Rumah Susun Klender, Jakarta Timur.

Lain dari itu, Perumnas juga telah melakukan ragam aksi korporasi berupa perbaikan restrukturisasi organisasi dan keuangan, optimalisasi aset, serta penjajakan kerja sama dengan berbagai instansi guna mencapai target korporasi. Perumnas, kata Budi, terus berupaya bertransformasi dengan melakukan penguatan model bisnis sebagaimana arahan Menteri BUMN.

“Di antaranya, pada kebijakan pengadaan tanah, dimana kami berkomitmen untuk tidak melakukan pembelian tanah dalam pengembangan baru, namun akan melakukan revitalisasi rumah susun eksisting dan pengembangan lahan idle milik pemerintah/BUMN/BUMD/Bank Tanah baik melalui kerja sama maupun PMN Non Tunai”, terang Budi. (im)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini