Rakor monitoring dan evaluasi (Monev) capaian indeks SPBE tahun 2022 dan peta rencana tahun 2023 yang diselenggarakan Diskominfo Kota Mojokerto di Sabha Mandala Madya, Rabu (30/11/2022).

IM.com – Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Mojokerto optimis target indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) tahun 2022 bisa tercapai. Capaian tersebut mengindikasikan peningkatan komponen pelayanan masyarakat serta menjadi pijakan dalam membuat peta rencana SPBE tahun 2023.

Optimisme tersebut berdasar penilaian internal terhadap capaian indeks SPBE Pemkot Mojokerto tahun 2022 yang mencapai 3,79. Angka tersebut sudah melampaui sudah target 3,4.

“Hasil skoring dari Kementerian PAN-RB baru keluar pada akhir Desember 2022 nanti. Namun berdasar penilaian mandiri capaian indeks SPBE sudah mencapai 3,79, mudah-mudahan target bisa tercapai,” kata Kepala Diskominfo Kota Mojokerto Santi Ratnaning Tia, Rabu (30/11/2022).

Target dan capaian tersebut dibahas dalam rapat koordinasi monitoring dan evaluasi (Monev) capaian indeks SPBE tahun 2022 yang diselenggarakan Diskominfo Kota Mojokerto, Rabu (30/11/2022). Rakor juga membahas persiapan menghadapi evaluasi SPBE tahun 2023 dengan tema ‘Pentingnya Arsitektur SPBE & Peta Rencana SPBE Dalam Implementasi SPBE Pemerintah Kota Mojokerto’.


Menurut Santi, rakor monev Indeks SPBE ini digelar setiap akhir tahun. Agendanya mengevaluasi penerapan dan capaian sistem digitalisasi dalam kinerja pelayanan kepada masyarakat.

“Evaluasi dan rencana aksi sinergi seluruh OPD agar capaian Indeks SPBE tahun depan meningkat,” tegasnya.

Santi menjelaskan, indeks SPBE sangat penting sebagai pedoman untuk meningkatkan kinerja pelayanan kepada masyarakat. Mengingat seluruh komponen layanan dan informasi di era digitalisasi sudah berbais elektronik.

“Oleh karena itu, rakor monev capaian Indeks SPBE penting untuk mensinergikan seluruh OPD agar capaian  rangka meningkatkan kinerja dan pelayanan masyarakat berbasis elektronik. Peserta rakor adalah seluruh kepala OPD dan sekretaris,” tandas Santi. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here